Tips Melawan Corona Dokter

Tips Mencegah Virus Corona Dari Pemerintah

Wabah kasus Virus Corona yang terjadi pada awal 2020 membawa perubahan drastis bagi kehidupan dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Virus yang berasal dari Wuhan, China sepertinya membuat kegiatan dunia menjadi jeda. Direktur Jenderal WHO, Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus baru-baru ini secara resmi menetapkan bahwa virus COVID-19 adalah pandemi global, dari apa yang sebelumnya merupakan wabah.

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan pandemi? Pada dasarnya wabah yang telah menyebar ke banyak negara selain dari mana asalnya, dalam hal ini Wuhan, Cina, dapat disebut sebagai pandemi. Pemberian status pandemi oleh WHO adalah karena penyebaran virus COVID-19 yang semakin meluas dan cepat.

Tetapi apakah kita perlu khawatir?

Jika Anda tidak berada di area terinfeksi COVID-19, atau belum melakukan perjalanan dari salah satu area ini, dan belum melakukan kontak dekat dengan seseorang yang memiliki gejala COVID-19 atau merasa tidak sehat, Anda cenderung untuk tertular COVID-19. Meskipun relatif aman, dapat dimengerti jika kita merasa cemas dan takut dengan situasi saat ini.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes) mendesak masyarakat agar tetap tenang dan tidak panik menghadapi kasus ini. Kita harus mencari informasi yang benar dan akurat tentang pengembangan COVID-19 untuk mengetahui situasi daerah di sekitar kita, sehingga kita dapat mengambil tindakan pencegahan yang wajar. Namun, jika kita berada di daerah yang terkena COVID-19, seperti di DKI Jakarta, kita harus serius menghadapi risiko ini. Selalu jaga kesehatan dan perhatikan informasi dan saran dari otoritas kesehatan.

Memelihara Sistem Kekebalan Tubuh

Menjaga tubuh yang sehat adalah hal yang paling penting agar kita tidak mudah tertular penyakit / wabah. Jika epidemi berkembang di suatu tempat, maka orang pertama yang mudah terinfeksi adalah seseorang yang memiliki kekebalan lemah. Karena itu, untuk melindungi diri dari virus ini mulai dari sekarang makan makanan bergizi, minum vitamin, minum banyak air, biasakan berolahraga, mandi minimal 2 kali sehari, cukup istirahat, dan bagi yang suka begadang mulai hari ini kurangi jadwal begadang dulu, ya!

Cuci Tangan dengan Sabun

Mencuci tangan dengan seksama selain membunuh virus yang mungkin ada di tangan kita, tindakan ini juga merupakan salah satu tindakan yang mudah dan murah. Sekitar 98% dari penyebaran penyakit berasal dari tangan. Karena itu, menjaga kebersihan tangan sangat penting sebagai cara untuk mencegah virus korona menginfeksi tubuh kita.

Terapkan Etika Bersin

Terapkan etika batuk dan bersin mulai sekarang, sangat berguna untuk melindungi orang-orang di sekitar Anda dan benda-benda di sekitar Anda terinfeksi virus yang mengandung virus yang berasal dari batuk atau bersin, terlepas dari apakah virus itu korona atau bukan korona. Kegiatan ini penting sebagai cara untuk mencegah penyebaran virus korona di sekitar Anda.

Hindari Kontak dengan Orang Lain

Pemerintah telah membentuk sistem kerja dan belajar dari rumah. Patuhi permohonan ini untuk melindungi diri Anda dan orang-orang di sekitar Anda dari Virus COVID-19. Bagi yang suka hang out, istirahat sejenak sampai keadaan aman. Dengan mengurangi aktivitas ini adalah cara untuk mencegah virus korona menginfeksi tubuh kita.

Hindari Menyentuh Segitiga Wajah

Sentuhan tangan banyak hal yang bisa terkontaminasi virus. Jika kita menyentuh mata, hidung dan mulut dengan tangan yang terkontaminasi, virus dapat dengan mudah memasuki tubuh kita. Ini memang cukup sulit, tetapi kita dapat mulai membiasakan diri melakukan ini sebagai cara untuk mencegah virus korona mendarat di tubuh kita.

Gunakan Masker dengan Benar

Meski saat ini harga masker sudah melonjak, tetapi untuk keselamatan Anda sendiri, Anda harus menggunakan masker dan menggantinya sekali sehari. Metode ini dianggap paling efektif sebagai cara untuk mencegah virus korona memasuki tubuh kita dan meminimalkan penularan ke orang lain.

Tinggalkan Balasan