Penyakit Berbahaya Selain Corona

Selain Corona, inilah berbagai virus Yang Berbahaya Bagi Manusia

Ketika virus menginfeksi tubuh manusia, itu akan merusak atau bahkan menghancurkan sel-sel dalam tubuh manusia. Namun, sifat virus sangat kompleks dan bervariasi tergantung pada jenis dan penyakit yang ditimbulkannya.

Berbagai virus dan cara mencegahnya

Ada banyak jenis virus yang hidup di bumi, tetapi tidak semuanya dapat menyebabkan penyakit pada manusia. Sebaliknya, virus yang dapat menginfeksi manusia dapat menyebar dari orang ke orang, melalui gigitan serangga, atau hewan perantara yang kemudian berinteraksi dengan manusia. Dari jenis virus yang dapat menyebabkan penyakit pada manusia, berikut adalah beberapa jenis virus yang harus Anda waspadai.

  1. Virus korona

Virus Corona (COVID-19) adalah jenis virus baru yang menginfeksi manusia. Virus ini pada dasarnya adalah sekelompok virus yang dapat menyebabkan gejala mulai dari pilek hingga penyakit parah, seperti Sindrom Pernafasan Timur Tengah (MERS-CoV) dan Sindrom Pernafasan Akut Parah (SARS-CoV). Sayangnya, obat untuk virus korona sampai akhir Februari 2020 belum ditemukan. Namun, Anda dapat mengambil langkah pencegahan untuk menghindari tertular virus mematikan ini dengan menjaga kebersihan pribadi (misalnya mencuci tangan dengan sabun) dan menjaga jarak dari orang yang batuk atau bersin. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan agar setiap orang meningkatkan sistem kekebalan dengan menjalankan gaya hidup sehat. Penggunaan masker bukanlah langkah preventif karena sebenarnya masker hanya perlu digunakan oleh tersangka (tersangka) atau penderita infeksi virus korona dan orang yang merawat pasien atau diduga korona.

  1. RSV (Virus sinkronisasi pernapasan)

Virus RSV memiliki gejala yang terlihat mirip dengan virus korona, tetapi keduanya adalah hal yang berbeda. Gejala RSV meliputi:

  • Batuk
  • Demam
  • Bersin
  • Hidung beringus
  • Sakit tenggorokan.

Virus ini dapat menginfeksi bayi, anak-anak, dan orang dewasa. Gejala-gejala ini dapat sembuh sendiri dalam 2 minggu.

  1. HIV (Human immunodeficiency virus)

Di antara berbagai virus yang tersebar di bumi, HIV adalah virus yang tidak boleh dianggap remeh. Pasalnya, virus ini merusak sel-sel dalam sistem kekebalan tubuh manusia sehingga penderitanya sangat rentan terhadap infeksi dan semua jenis penyakit. Tidak seperti korona, HIV sering tidak menyebabkan gejala yang signifikan pada penderita, walaupun virus HIV terus merusak sel kekebalan. Jika kekebalan telah rusak parah, maka Anda akan berada dalam kondisi yang disebut AIDS. Hingga saat ini, belum ada obat yang dapat menyembuhkan HIV / AIDS. Namun, serangkaian perawatan dapat meminimalkan dampak buruk virus dan memperpanjang harapan hidup bagi penderita. Anda juga dapat menghindari infeksi virus ini dengan mempraktikkan hubungan seksual yang aman dan tidak menggunakan jarum suntik bekas pakai orang lain.

  1. Demam berdarah

Bagi orang yang tinggal di lingkungan tropis, virus dengue adalah salah satu jenis virus yang harus diwaspadai. Pada awal 2019 saja, jumlah penderita demam berdarah di negara itu mencapai 13.683 penderita, dengan 132 di antaranya meninggal. Demam berdarah disebabkan oleh virus dengue dan ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Untuk mencegah virus ini, Anda dapat melakukan gerakan 3M plus, yang menguras, menutup, menggunakan kembali barang bekas, plus mencegah gigitan nyamuk (misalnya dengan menggunakan lotion).

Tinggalkan Balasan