Tas Belanjaan

Cara Membersihkan Belanjaan dari Virus Corona dalam 5 Step Mudah

Cara membersihkan belanjaan dari virus corona ternyata sangat mudah. Mengapa mencuci belanjaan sangat penting untuk dilakukan? Ada 3 alasan yang mendasari hal tersebut. Pertama, barang yang dibeli pasti dipegang oleh penjaga toko atau pasar.

Kedua, sebagian barang juga menjalani proses distribusi dari daerah asal ke toko maupun pasar yang cukup jauh. Ketiga, barang yang ada di pasar tentu lama terpapar udara bebas sehingga membutuhkan sterilisasi di momen seperti ini.

Step By Step Cara Membersihkan Belanjaan dari Virus Corona

Lalu, bagaimana cara membersihkan belanjaan dari virus corona? Ternyata, step by stepnya mudah sekali. Berikut adalah tahapannya.

1.     Langsung Membuang Kantong Belanjaan di Plastik yang Tertutup

Memang sebaiknya ketika berbelanja seseorang menggunakan kantong yang bisa dipakai berkali-kali. Namun, untuk menghemat desinfektan yang jumlahnya kian menipis pada momen pandemi, sebaiknya gunakan kantong kertas sekali pakai yang bisa langsung dibuang tetapi tetap ramah lingkungan. Sesampainya di rumah dan sudah membersihkan diri serta pakaian, segera keluarkan isi belanjaan.

Selanjutnya, Anda perlu langsung mengambil plastik bersih dan meletakkan kantong belanjaan di plastik tersebut. Setelah itu, tutup rapat plastik sampah dan letakkan di bak sampah luar rumah agar segera diambil petugas kebersihan.

2.     Letakkan Barang Belanjaan dan Sortir

Kedua, letakkan barang belanjaan dan sortir mana yang merupakan bahan kemasan dan tidak. Untuk bahan kemasan, Anda dapat mencucinya dengan 2 cara. Yang pertama adalah dengan menyemprotkan cairan desinfektan dan yang kedua adalah mencuci menggunakan sabun cuci biasa lalu dibilas.

Cara yang kedua hanya dapat diterapkan bila kemasan barang belanjaan terbuat dari plastik rapat. Namun, jika hanya kertas maka jemur dulu selama beberapa waktu dalam sinar matahari yang terik. Idealnya adalah sekitar 2 jam. Setelah itu, baru semprot dengan cairan desinfektan.

3.     Cuci Bersih Sayur dan Buah

Lalu, bagaimana dengan makanan yang tidak dikemas seperti sayur dan buah-buahan? Mudah saja, karena sekarang ada cairan pencuci piring yang khusus dibuat dengan kandungan anti bakteri dan anti virus. Jadi, cuci bersih bahan sayur dan buah dengan cairan sabun dan bilas sampai bersih.

4.     Mencuci Telur Sebelum Dimasukkan Kulkas

Tahukah Anda? Telur yang cangkangnya tidak pecah akan aman-aman saja meskipun dicuci dengan menggunakan air dan sabun. Maka dari itu, cucilah telur menggunakan larutan yang sama dengan sayur dan buah-buahan. Setelah itu, baru letakkan di kulkas.

Telur sangat penting untuk dibeli karena sebaiknya Anda tidak membeli daging segar. Mengapa demikian? Daging segar adalah media yang sangat mudah dihinggapi dan dapat membuat sel bakteri maupun virus berkembang biak. Karena itulah, selama pandemi hindari daging merah dan ganti dengan sumber protein hewani lainnya.

5.     Cuci Semua Wadah Tempat Menyortir dan Keringkan

Setelah semua barang sudah dicuci dan dikeringkan, terakhir adalah mencuci baskom atau mangkok tempat belanjaan tadi disortir. Jangan lupa, keringkan juga semua barang belanjaan tersebut agar terbebas dari virus serta bakteri. Sebaiknya, Anda memiliki lampu khusus untuk mengeringkan dengan cepat. Tujuannya agar lingkungan dekat tempat cucian piring bisa lebih kering dan tidak lembap.

Ternyata, 5 step cara membersihkan belanjaan dari virus corona di atas sangat mudah dilakukan bukan? Karena itulah, Anda bisa mulai menerapkannya sekarang juga.

 

gambar :  <a href=”http://www.freepik.com”>Designed by Freepik</a>

Tinggalkan Balasan