Cara pasang iklan di Tokopedia

Cara pasang iklan di Tokopedia

Sekarang sudah banyak sekali market place yang digunakan oleh banyak orang untuk mengelar jualannya secara online. Dengan berjualan di market place seseorang menjadi tidak perlu repot-repot mengangkuti barang jualannya ke toko atau harus berpanas-panasan di ruko. Mereka cukup memantengi gawai pintarnya untuk melakukan transaksi jual beli. Para pelaku usaha bisnis online juga cukup memposting barang jualannya di akun market place mereka dengan frame yang menarik agar bisa dilirik oleh calon pelanggan.

Selain melakukan pemostingan dengan frame dan angle yang menarik, promosi melalui iklan juga merupakan cara yang ampuh agar jualan atau produk yang dijual cepat laku. Salah satu market place terbesar dan terkenal di Indonesia adalah Tokopedia. Jika kamu adalah sa;ah satu pelapak di market place ini pasti pernah berfikiran bagaimana caranya agar produk kamu bisa cepat dilihat orang. Agar bisa membuat produk yang kamu jual tersebar luas di Tokopedia dan sering mucul, kamu bisa memasang iklan di Tokopedia dengan menggunakan fitur TopAds. TopAds akan membantu kamu agar usaha jualan online kamu semakin berkembang.

Memasang iklan di TopAds atau Tokopedia sangatlah mudah untuk dilakukan, bahkan oleh orang awam sekalipun. Karena langkah langkahnya sangat mudah dimengerti. Selain itu juga bisa digunakan untuk menghadapi persaingan jualan yang sengit di market place ini.

TopAds akan membantu menampilkan barang kamu di halaman terdepan pencarian, sehingga mudah dilihat oleh calon pelanggan. Berikut ini langkah langkah yang bisa kamu ikuti untuk cara pasang iklan di Tokopedia untuk menjadi TopADS:

  1. Masuk ke menu utama atau beranda, lalu klik “Tambah Iklan” yang berlatar warna hijau di pojok kanan atas. Setelah masuk ke menu “Tambah Iklan”, pilih produk, lalu pilih “produk yang ingin diiklankan”. Lalu pilih produk yang akan kamu iklankan dengan memberi tanda ceklis pada kolom yang disediakan.Cara pasang iklan di Tokopedia
  2. Kalian harus mengaktifkan jenis iklan produk yang kamu diinginkan. Jenis iklan affliate Marketing adalah jenis iklan yang akan mengiklankan produk dengan disebarkan oleh Affliate di media sosial. Sedangkan “Iklan Per Klik” akan mengiklankan produk kamu dengan ditampilkan saat pencarian di Tokopedia.Cara pasang iklan di Tokopedia
  3. Tentukan komisi per penjualan untuk Affliate Marketing. Komisi per penjualan maksudnya adalah komisi yang diberikan jika produk berhasil terjual melalui bantuan Affilate. Persentase komisi akan dihitung dari harga barang yang dijual. Untuk “Iklan per Klik” juga bisa diatur biaya per klik, penempatan, dan anggarannya dengan pengaturan grup iklan. Biaya per klik maksudnya biaya yang hanya akan dikenakan apabila iklan kamu di klik oleh calon pembeli. Salah satu faktor penting yang menentukan urutan tampil produk kamu adalah saat menentukan Biaya per klik iklan.Cara pasang iklan di Tokopedia

Catatan Saat Pasang Iklan di Tokopedia

  1. Jika sudah kamu atur semua, kamu tinggal menunggu barang kamu laku terjual. Mudah, bukan? Selain itu, sebagai informasi tambahan, ada beberapa faktor yang akan mempengaruhi performa TopAds dan penjualan kamu. Pertama, penamaan produk. Beri nama produk kamu dengan jelas dan jangan lupa juga memberika deskripsi barang. Hindari penamaan produk dengan kode atau kata-kata yang jarang atau tidak diketahui calon pembeli.
  2. Tentukan kategori produk yang tepat, karena itu kamu tidak boleh sampai salah saat memilih kategori produk yang akan diiklankan. Karena jika ini terjadi, calon pembeli akan sulit menemukan barang yang kamu jual. Pastikan kategori barang kamu benar sehingga akan mengptimalkan pencarian pembeli.
  3. Ketiga, tampilkan foto produk dengan jelas dan menarik. Hal ini penting, karena foto produk merupakan salah satu faktor utama yang akan dilihat oleh calon konsumen. Pastikan foto dari produk kamu menampilkan produk yang akan dijual dengan sejelas mungkin, yaitu dengan menampilkan foto dari berbagai macam sisi (depan, belakang, samping kanan, kiri, atas, bahkan bawah). Kamu bisa memposting hingga 5 foto untuk satu produkmu.
  4. Hal yang tak kalah penting selain foto produk adalah deskripsi dari produk yang kamu jual. Berikan deskripsi secara ringkas dan jelas. Mulai dari dimensi, kondisi barang, bahan pembuat, variasi warna atau motif, dan informasi tambahan lainnya yang melengkapi deskripsi produk kamu.
  5. Satu lagi hal kecil yang perlu kamu perhatikan dalam pengiklanan adalah pasang biaya per klik sesuai dengan rekomendasi biaya yang diberikan. Rekomendasi biaya merupakan rata-rata biaya klik yang dipasang oleh penjual lain di kategori barang yang sama. Maka, jika kamu ingin iklan kamu tampil di atas penjual lainnya, kamu bisa memasang biaya per klik rata-rata dengan harga yang lebih kompetitif.

Semoga informasi tersebut bisa menambah pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan kamu saat berjualan online alias dari di market place sebesar Tokopedia. Memang selain keuletan dan ketekunan, pengetahuan mengenai pengiklanan juga merupakan hal penting yang perlu diperhatikan. Wasalam.

Tinggalkan Balasan