tips mencuci tangan agar terhindar corona

4 Tips Mencuci Tangan Sebelum Anda Makan Guna Terhindar Corona

Penyebaran virus Corona atau Novel Coronavirus (2019-nCoV) masih dalam kondisi siaga bagi komunitas dunia. Meskipun vaksin untuk mencegah infeksi virus belum ditemukan, ada sejumlah langkah yang bisa dilakukan sebagai antisipasi. Salah satunya dengan mencuci tangan sebelum makan. Seberapa sering Anda mencuci tangan sebelum makan? Apakah Anda hanya melakukannya saat berada di restoran? Sebenarnya, langkah ini harus selalu dilakukan, tidak peduli Anda makan di rumah atau di tempat lain. Selain itu, ada langkah-langkah yang tepat untuk mencuci tangan sebelum makan, yang harus Anda pelajari. Seperti apa itu?

Cuci tangan Anda sebelum makan dengan benar, inilah caranya

Ya, salah satu langkah untuk mencegah penyebaran virus Corona adalah dengan mencuci tangan sebelum makan atau melakukan aktivitas apa pun menggunakan sabun dan air mengalir selama 20 detik. Pilih sabun dan cairan cuci tangan yang mengandung alkohol 60%. Cara mencuci tangannya pasti benar agar Anda terhindar dari virus Corona, kuman dan bakteri. Jadi, bagaimana cara mencuci tangan sebelum makan dengan benar agar Anda terhindar dari virus Corona?

Tangan basah dengan air, bisa menggunakan air hangat atau dingin. Kemudian tuangkan sabun ke telapak tangan.

  1. Sapukan telapak tangan Anda dengan lembut dengan gerakan memutar.
  2. Gosokkan kedua telapak tangan ke busa. Bersihkan semua bagian tangan secara merata, mulai dari pergelangan tangan, punggung tangan antara jari hingga kuku. Lakukan selama 20 detik.
  3. Bersihkan semua bagian jari Anda dengan gerakan memutar, satu per satu.
  4. Bilas tangan sampai bersih dari sabun dan kotoran.
  5. Keringkan tangan Anda menggunakan tisu atau handuk bersih.
  6. Tutup keran menggunakan tisu agar kuman tidak lengket untuk membersihkan tangan.

Jika Anda kesulitan menemukan sabun, Anda bisa mencuci tangan sebelum makan menggunakan cairan cuci tangan seperti pembersih tangan. Pastikan produk mengandung setidaknya 60% kandungan alkohol. Caranya, tuangkan cairan secukupnya di telapak tangan Anda. Kemudian, gosok secara merata ke semua bagian tangan sampai cairan mengering. Namun, jika kondisi tangan sangat kotor, Anda sangat disarankan untuk tetap mencuci tangan menggunakan sabun dan air.

Kesalahan umum saat mencuci tangan

Meskipun kelihatannya sederhana, kebanyakan orang sering keliru melakukan kegiatan mencuci tangan sebelum makan, tanpa memperhatikan proses mencuci tangan yang benar dan tepat. Kesalahan umum yang sering terjadi ketika mencuci tangan meliputi:

  • Gunakan air saja, tanpa sabun

Tidak sedikit individu yang mencuci tangan sebelum makan hanya menggunakan air. Padahal air tidak bisa menghilangkan kuman dan bakteri yang menempel di tangan. Tak ayal, penting bagi Anda untuk selalu menggunakan sabun dalam bentuk apa pun, sehingga tangan benar-benar bersih dan terhindar dari bahaya berbagai penyakit. Termasuk penyakit mematikan yang disebabkan oleh virus Corona.

  • Bilas bersih dengan air

Biarkan sekitar 15-25 detik untuk menggosok sabun secara merata di semua bagian tangan Anda. Jangan terburu-buru dengan air. Karena jika terburu-buru, proses mencuci tangan tidak efektif dalam membunuh kuman.

  • Menggunakan mesin pengering

Tidak jarang, tangan yang sudah dicuci lalu dikeringkan dengan pengering. Meskipun sebuah penelitian menyatakan mengeringkan tangan menggunakan tisu atau handuk bersih, jauh lebih baik daripada menggunakan pengering.

Menyentuh Wajah

Setelah mencuci tangan, tidak sedikit orang lalai menggunakan tangan bersih untuk mematikan keran. Padahal metode ini justru bisa membuat tangan Anda kembali terkontaminasi kuman dan bakteri. Langkah terbaik adalah mematikan keran menggunakan tisu kering.

Tinggalkan Balasan