Tips Hemat Kuota WFH

Work From Home? Ini 5 Cara Ampuh AGar Tidak Boros Kuota Internet

Internet saat ini telah menjadi kebutuhan bagi semua orang. Dengan kemudahan teknologi gadget yang bisa didapat, internet kemudian sepertinya berjalan seiring dengannya. Namun sayangnya dalam penggunaan internet banyak orang tidak mengendalikan diri sehingga mereka merasa boros. Tentu saja penggunaan internet yang sia-sia ini tidak baik.

Ini karena pemborosan penggunaan internet dapat membuat keuangan atau keuangan Anda tidak sehat. Sekarang di sini ada beberapa cara yang dapat Anda terapkan sehingga Anda dapat menggunakan internet dengan hemat.

Gunakan Mode Offline

Cara pertama bagi Anda untuk menghindari penggunaan internet yang boros adalah dengan menggunakan mode offline. Beberapa aplikasi yang ada memang dapat digunakan secara offline. Sekarang jika Anda menemukan aplikasi yang dapat digunakan secara offline maka mengapa tidak menggunakannya. Beberapa contoh aplikasi yang dapat digunakan secara offline adalah YouTube, Google Maps dan juga beberapa aplikasi streaming musik. Untuk menggunakan fitur offline ini, Anda harus terlebih dahulu mengunduh video atau musik di aplikasi. Sekarang untuk ini, Anda dapat menemukan tempat pertama untuk wi-fi gratis untuk mengunduhnya. Sekarang dengan cara ini maka Anda akan dapat menyimpan kuota Anda untuk memutar video atau musik yang Anda sukai terus menerus. Menariknya lagi dengan menggunakan mode offline, Anda juga tidak akan terhambat oleh sinyal internet yang tidak stabil di mana pun Anda akan menggunakan aplikasi.

Matikan koneksi internet bila tidak diperlukan

Koneksi internet yang terus terhubung ke perangkat memang akan terus menyedot dan dengan cepat menghabiskan kuota yang ada. Karenanya, Anda yang ingin menghemat menggunakan kuota internet mencoba mematikan koneksi internet saat tidak diperlukan. Hal yang paling sering membuat seseorang lupa mematikan koneksi internet dan membuat kuota cepat habis adalah ketika tidur. Karena itu cobalah untuk mengingat hal ini dan jangan biarkan ponsel dalam keadaan terhubung internet ketika akan tidur. Dengan mematikan koneksi internet saat tidak diperlukan Anda akan dapat menghindari membuang kuota.

Nonaktifkan Pengunduhan otomatis

Selanjutnya, cara untuk menghindari pemborosan kuota internet adalah dengan menonaktifkan unduhan otomatis. Fitur unduh otomatis yang tersedia di Play Store atau App Store adalah sesuatu yang harus Anda atur. Karena jika Anda tidak menetapkan kuota, Anda akan dapat kehabisan dengan cepat karena banyaknya aplikasi yang meminta pembaruan melalui jaringan internet yang ada. Pastikan untuk menonaktifkan fitur unduhan otomatis ini sehingga Anda dapat lebih bebas mengontrol aplikasi mana yang ingin Anda perbarui. Anda dapat mengubah fitur unduh otomatis di menu pengaturan pada aplikasi Play Store atau App Store default.

Setel Pemberitahuan Peringatan Penggunaan Data

Di menu pengaturan atau pengaturan pada ponsel, Anda akan menemukan opsi jaringan dan internet. Sekarang dalam pilihan ini Anda dapat melakukan pengaturan penyimpanan data. Aktifkan saja pemberitahuan peringatan penggunaan data ponsel cerdas Anda. Sebelum itu, pastikan Anda telah menetapkan batas penggunaan data. Ketika data telah menyentuh ambang yang telah Anda tetapkan, telepon akan memberi tahu dan memperingatkan Anda. Dari sini Anda juga dapat melakukan lebih banyak untuk menghemat data sehingga limbah dapat dicegah.

Identifikasi dan Batas Aplikasi

cara untuk menghindari pemborosan kuota internet yang dapat Anda lakukan adalah mengidentifikasi dan membatasi aplikasi. Jadi cobalah untuk mencari tahu aplikasi mana pada smartphone Anda yang paling banyak menggunakan kuota. Sekarang jika telah ditemukan cobalah untuk menghapus atau menghapus aplikasi yang menghabiskan banyak kuota. Sebagai gantinya, cobalah mencari aplikasi serupa atau aplikasi yang sama dalam versi hemat atau versi lite. Jika Anda tidak ingin menghapusnya, Anda harus berkomitmen untuk membatasi penggunaan aplikasi. Misalnya jika Anda biasanya menggunakan aplikasi 4-5 jam sehari, coba kurangi atau batasi hingga 1-2 jam. Dengan cara ini Anda akan dapat menghemat kuota internet dan menghindari pemborosan.

Tinggalkan Balasan