Pelaminan dan Baju Batik Abdya Perlu Dilestarikan

Dekorasi pelaminan, baju dan batik khas adat Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) harus dilestarikan, sebab, di dalamnya terkandung nilai sejarah dan pesan moral bagi seluruh masyarakat hingga generasi masa mendatang.

Staf Ahli Bidang Kesejahteraan dan Keistimewaan Setdakab Abdya, Rajuddin mengatakan, adat khas Abdya sangat bermanfaat guna melestarikan warisan budaya yang dimiliki oleh masyarakat Abdya pada khususnya. Dimana keberadaan Adat tersebut perlu terus dilestarikan dan dikembangkan.

“Untuk itu kita berharap adat khas Abdya itu terus dipertahankan,” ujarnya pada saat pelatihan dekorasi pelaminan, baju adat dan batik khas kabupaten setempat di Blangpidie, Selasa (11/8/2015).

Kata Rajuddin, ditengah lajunya perkembangan zaman, tidak dapat dihindari banyaknya terjadi pergeseran nilai adat dan budaya, di satu sisi nilai baru yang belum mengakar, namun nilai lama sudah ditinggalkan. Hal seperti itulah yang mengakibatkan hilangnya suatu identitas pegangan dan arah tujuan bagi masyarakat.

Ia berharap, pelatihan ini dapat melahiran pelaku seni yang mampu mengaktualisasikan sehingga dapat dipahami oleh masyarakat terhadap suatu kebangkitan pelestarian daerah.

Tinggalkan Balasan