IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa Teken MoU dengan Malaysia

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Zawiyah Cot Kala Langsa menjalin kerjasama pendidikan dengan Universiti Sultan Zainal Abidin (UniSZA) Terengganu, Malaysia.

Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara dua Kampus tersebut, Sabtu (22/8/2015) di Langsa.

Humas IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa mengatakan, kesempatan tersebut mengharapkan adanya kesepahaman budaya dan keilmuan antara Indonesia, khususnya Aceh dan Malaysia sebagai masyarakat Melayu yang memiliki kesamaan budaya dan bahasa.

“Bahasa kita sama tetapi pengertiannya bisa berbeda, jika tidak dibangun kesepahaman bisa saja terjadi salah tafsir yang berujung pada pertikaian dan selisih paham,” jelas Rektor IAIN, Dr. Zulkarnaini, MA.

Pihak Universiti Sultan Zainal Abidin (UniSZA) Terengganu, Malaysia, kata Mulyadi Nurdin menawarkan berbagai program pendidikan kepada putra-putri Aceh dengan biaya murah, sehingga bisa dijangkau oleh masyarakat.

“Malah untuk daerah konflik seperti Palestina belajar di UniSZA digratiskan. Sementara untuk Aceh diberikan keringanan potongan SPP sebesar 50 persen khusus bagi mahasiswa asal Aceh Barat sebagai kabupaten yang paling parah dihantam Tsunami tahun 2004 lalu,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan