Kementerian Kehutanan

Kementerian Kehutanan

ACEH TERKINI – Kementerian Kehutanan membuka kesempatan kepada Warga Negara Indonesia untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang akan ditugaskan di unit-unit kerja Kementerian Kehutanan di seluruh Indonesia.

Kepala Biro Kepegawaian Kementerian Kehutanan selaku Ketua Panitia Pengadaan CPNS Kemenhut Formasi 2013, Billy Hindra, menyebutkan  kualifikasi pendidikan dan formasi  CPNS tahun 2013 meliputi:

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kehutanan    152 orang

Diploma III (D-III)    122 orang

Sarjana (S-1)    284 orang

Dokter Umum dan Dokter Gigi    2 orang

Pasca Sarjana (S-2)    10 orang

Billy Hindra  mengatakan pelamar dapat mendaftar secara online melalui laman http://cpnsonline.dephut.go.id mulai tanggal 10 September 2013 sampai dengan 24 September 2013;

Pelamar hanya diperkenankan memilih satu nama jabatan. Namun pilihan tersebut tidak bersifat mutlak dan panitia berhak menempatkan peserta yang lulus sesuai kebutuhan organisasi.

Pelamar yang telah mendaftar secara online agar mengunduh (download) dan mencetak formulir pendaftaran. Selanjutnya, pelamar mengirim  berkas pendaftaran dengan ditujukan kepada:

PANITIA PELAKSANA PENGADAAN CPNS
KEMENTERIAN KEHUTANAN
FORMASI TAHUN 2013
PO BOX 7600/JKPWB
JAKARTA 10270

Berkas pendaftaran diterima panitia selambat-lambatnya tanggal 25 September 2013. Panitia hanya menerima berkas lamaran yang disampaikan melalui PO BOX tersebut di atas dan tidak menerima format penyampaian berkas pendaftaran lainnya termasuk diantar langsung ke Kementerian Kehutanan.

Penyusunan berkas pendaftaran lampiran-lampirannya mengikuti urutan berikut: Formulir pendaftaran hasil unduhan (download) dari pendaftaran online yang telah diisi lengkap termasuk dengan pasfoto pengambilan tahun 2013 berwarna ukuran 3 x 4 cm berlatar belakang merah sebanyak 1 (satu) lembar yang telah ditempel/dilekatkan di formulir pendaftaran tersebut; fotocopy ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang  sebanyak 1 (satu) lembar, Surat Keterangan Lulus/Ijazah Sementara tidak diterima; fotocopy KTP yang masih berlaku, surat pernyataan bermaterai Rp. 6.000.

Lamaran beserta lampiran tersebut pada butir 4 (empat) disusun rapi sesuai urutan di dalam map jepit berlubang (snelhecter) dengan warna: hijau untuk SMK Kehutanan; kuning untuk Diploma III (D-III); biru untuk Sarjana (S-1); merah untuk Pasca Sarjana (S-2) dan Dokter. Kemudian map lamaran dimasukkan ke dalam amplop warna coklat;

Pelamar akan menjalani seleksi CPNS dalam tiga tahap dengan sistem gugur, yakni seleksi sdministrasi, tes kemampuan dasar (TKD);, dan tes kemampuan bidang (TKB). kkhusus untuk jabatan Polisi Kehutanan, pelamar harus menjalani tes kesehatan dan kebugaran.

Pelamar memilih sendiri lokasi tes, pada saat melakukan pendaftaran online. Kemhut menetapkan kuota untuk peserta yang lulus seleksi administrasi dan dapat mengikuti TKD sebanyak 8.550 orang.  Tahapan seleksi administrasi dilakukan terhadap pelamar yang telah melakukan pendaftaran online serta menyampaikan berkas pendaftaran dan memenuhi seluruh persyaratan melalui sistem pemeringkatan IPK dan akreditasi program studi.

Jadwal pelaksanaan TKD dan TKB akan diumumkan kemudian , sedang hasil seleksi administrasi dijadwalkan akan diumumkan tanggal 28 September 2013 melalui laman www.dephut.go.id atau www.ropeg.dephut.go.id atau http://cpnsonline.dephut.go.id. [red]