Pengusaha Rumah Makan Ayam Lepas, Suparno. Foto| Facebook

Pengusaha Rumah Makan Ayam Lepas, Suparno. Foto| Facebook

ACEH TERKINI -   Pengusaha Rumah Makan Ayam Lepas, Suparno mengakui makanan  khas Aceh yang paling enak saat ini adalah milik orang Aceh Besar, yaitu Sie Reuboh dan Kuwah Beulangong.

“Namun sayangya, banyak rumah makan khas tersebut bukan orang Aceh Besar sendiri yang memilikinya, tapi orang Pidie. Alasanya, orang Pidie pintar dalam berbisnis,” kata dia saat memberi materi pada Pelatihan Kewirausahaan bagi Pemuda Aceh Besar, Jumat (30/08/2013) di Hotel Noris.

“Di Banda Aceh saja kita lihat yang jualan bukan orang-orang Aceh Rayeuk. Coba pergi ke seluruh nusantara, coba buka warung masakan Aceh, masakan kita lebih enak dari pada masakan Padang,” ungkapnya melalui siaran tertulis kepada acehterkini,  Jum’at.

Bila melihat sejarah, Belanda saja datang ke Aceh hanya untuk mencari rempah-rempah, artinya mereka mencari bumbu masakan karena masakan di negara mereka itu hambar, sehingga mereka ke Aceh, sebab di Aceh banyak tumbuh rempah-rempah.

Ia menjelaskan, sekarang banyak orang Padang yang sukses di mana-mana. Jadi, orang Padang tidak ada istilah asoe lhok (orang dalam-red) yang hanya menetap di tempat sendiri.

“Kalau masih berfikir seperti itu, akan menghambat kemajuan kita. Jaman sekarang banyak orang luar yang jualan di tempat kita, karena mereka pakai sistem itu,” tegas Suparno.

Ia juga menyarankan, kalau ingin pandai berbisnis, berkerjalah sama orang yang pandai berbisnis.  Tak perlu berpikir soal uang, yang penting ilmunya, karena ilmu lebih mahal dari pada uang. (redaksi)