KOMISI Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat melakukan sosialisasi tatacara pencalonan legeslatif dan DPD untuk pemilu 2014 kepada sejumlah partai politik di Kabupaten Aceh Barat, yang berlangsung di kantor KIP setempat.

Kegiatan sosialisasi tersebut di hadiri oleh ketua dan sekretaris dari 11 Partai Nasional yaitu dan 3 Partai Lokal yakni Partai Nasional Aceh (PNA), Partai Aceh (PA) dan Partai Damai Aceh (PDA).

Ketua KIP Aceh Barat, Mahrizal,SE, Kamis (21/3/2013) mengatakan, sosialisasi tersebut dilakukan guna memberikan pemahaman kepada partai politik tentang aturan yang baru yaitu Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2013 tentang tatacara dan syarat pencalonan legeslatif dan DPD.

“Kita berharap kepada kalangan partai politik dapat mempelajari ketentuan baru yang tertuang dalam peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2013 tersebut,” katanya.

Lebih lanjut Mahrizal menambahkan, banyak tatacara dan syarat yang sama dengan aturan yang lama, yaitu dalam Peraturan KPU Nomor 18 Tahun 2008, yang berbeda dalam aturan baru tersebut seperti keterwakilan calon dari perempuan yang terakomodir secara riil.(acehterkini/zamhuri)