bawa ganjaSEORANG polisi lalu lintas Polres Aceh Utara, Provinsi Aceh, mengalami kritis setelah ditabrak mobil pembawa ganja di Kecamatan Lapang, Kabupaten Aceh Utara. Peristiwa itu berawal saat Briptu Amirullah beserta aparat dari satuan Lantas Polres Aceh Utara dan anggota POM Lhokseumawe menggelar razia.

Adapaun razia itu diladakan di kawasan lintasan nasional, Desa Bintang Hue, Kecamatan lapang, Aceh Utara. Jumat (15/3/2013). Tiba tiba satu unit mobil Avanza melaju dengan kecepatan tinggi langsung menerobos blokade razia. Mendapati mobil itu, petugas BM Lantas mengejar mobil yang terlihat melarikan ke arah Timur Lhoksukon.

Namun sesampainya di kawasan Sampoenit, pelaku membelokkan mobilnya ke kawasan pemukiman buwah Baktia Barat yang menuju ke Lapang. Karena tersesat, mobil tersebut keluar dari lorong jalan, Briptu Amirullah beserta rekannya yang menggunakan sepmor Patroli sudah berada di depan lorong.

Saat itu mobil tersebut langsung menghantam sepmor yang dikendarai oleh Briptu Amirullah, sehingga polisi itu terpelanting dan jatuh. Amirullah langsung di evakuasi ke RS Umum Daerah Cut Mutia.

Kasat Lantas Polres Aceh Utara, Iptu Mega Tetuko mengatakan, setelah mobil tersebut kabur ke arah sawah, polisi lainnya tiba di lokasi dan mengejar pelaku sambil melepaskan tembakan peringatan ke udara sebanyak dua kali.

“Setelah tadi dibantu oleh warga sekitar, kita berhasil menangkap dua dari tiga pelaku yang mengendari mobil tersebut. Seorang pelaku lainnya berhasil lolos,” kata Iptu Mega Tetuko kepada detikcom di Rumah Sakit Umum Daerah Cut Mutia.

Dua pelaku yang berhasil dibekuk oleh petugas di Desa Kuala Keuruto Timu, Kecamatan Lapang diketahui bernama Muhammad Kadafi (31), warga Aceh Besar dan Bustami (28), warga Bireuen. Sedangkan satu pria lagi berhasil kabur.

“Dari mobil pelaku itu, polisi menemukan tiga kilogram ganja,” ucap Mega.

Saat ini petugas masih terus mengejar seorang pelaku lainnya yang lolos dari sergapan tersebut. Sedangkan dua orang tersangka bersama barang bukti diamankan di Mapolres untuk penyeledikan lebih lanjut. Sementara korban sudah di evakuasi ke RS Columbia Medan, Sumatera Utara.(acehterkini/detik)